Rektor Kebanggaanku: DR. Ir. Harsoyo, M.Sc

Saya tau persis dengan beliau. Kalau tidak sedang diluar kota, maka hampir bisa dipastikan beliau bisa ditemui di masjid Ulil Albab UII saat azan berkumandang disetiap sholat lima waktu. Beliau juga sering meninggalkan rapat hanya demi berjemaah di masjid. Bahkan beliau ini yang beride menyambungkan speaker masjid Ulil Albab hingga dapat bergema nyaring di fakultas-fakultas. Tujuannya satu: agar mahasiswanya, stafnya, dosen-dosennya tak hanya membagikan ilmu bumi, namun juga ilmu langit.

Orangnya bersahaja sekali. Penampilannya sederhana sekali. Sering sang sopir cerita pada saya: baru kali ini saya nyopirin rektor yang sangat memanusiakan manusia. Subhanallah sekali.

Yang paling saya suka itu adalah khusyuknya beliau ketika berdzikir lalu mengangkat tangannya dengan mata terpejam sesaat sholat ditunaikan. Syahdu sekali.

Beliau adalah rektor yang super: penampilannya membumi, namun prestasinya melangit.

Sungguh keputusannya hari ini untuk mengundurkan diri dari jabatan rektornya, mengejutkan saya bahkan mungkin mengejutkan mahasiswa, alumni, dan civitas UII. Namun saya tahu sesungguhnya jabatan tak terlalu penting baginya. Karena menurutnya jabatan hanyalah sementara. Namun kredibilitasnya sebagai pemimpin yang bertanggung jawab adalah harga mati.

 Jika itu adalah keputusannya setelah melibatkan Allah, maka saya memaklumi dengan bangga. Terlebih beliau ingin lebih fokus mengurus kasus ini hingga tuntas. Saya sungguh bangga.

Jika harus diibaratkan, maka UII baru saja kehilangan emas. Emas yang tak hanya di kagumi penduduk bumi, namun juga penduduk langit.

Terima kasih Pak Rektor,

DR. Ir. Harsoyo, M.Sc.

Saya doakan akan ada hadiah yang berkelas dari Allah untuk rektor yang paling saya kagumi.

Aamiin.

Dari yang mengagumimu,

Ori Rabowo, Industrial Engineering 2010.

Leave a Reply

