EGO

Hasil gambar untuk EGOISEGO itu bahaya sekali, Kawan. Lihatlah ada yang dulu bersahabat, kini bermusuhan hanya karena EGO. Lihatlah dulu ada yang seiya-sekata, sekarang bersimpangan hanya karena EGO.

Cinta berubah menjadi benci. Tawa terganti dengan tangis. Sedangkan damai menjelma menjadi rusuh. Semua, lagi-lagi, karena EGO.

Satu-satunya yang dapat menghentikan EGO adalah kenangan. Sadarilah bahwa dulu sekali kita pernah menciptakan kenangan. Seorang adik pernah dibantu oleh kakaknya saat luka, dan seorang kakak pernah dibantu oleh adiknya saat masalah menerjang tubuhnya. Seorang sepupu pernah ditolong saat sepi, seorang ponakan pun pernah di suapi tanpa membedai. Seorang cucu pernah memapah neneknya ke masjid, seorang nenek pun pernah membagikan THR saat lebaran. Ke-semua itu adalah kenangan. Dan seberusaha apapun kita melupakan kenangan, kenangan tak mungkin hilang. Karena memang ia telah mengakar di memori kita masing-masing.

Bagaimana bisa lupa suasana akrab lebaran ketika kita kecil dulu? Masing-masing kita berkumpul dirumah nenek. Kita bersalam-salaman. Bahkan kita saling menangis saat bermaafan. Alangkah indah air mata bagi seseorang yang bersaudara itu? Rasanya dosa luntur seketika. Rasanya hati bersih tanpa satupun noda. Sehabis momen bermaafan, yang kecil melingkari yang besar. Semua berteriak, “THRku… THRku.” Ruangan pecah! Akibat dari suasana bahagia yang tak terkira. Kulihat ekspresi para “Si Kecil”, mereka senang tak kepalang saat amplop sudah ditangan. Kulihat ekspresi para “Si besar”, mereka melepaskan penat berbulan-bulan mencari uang di ibukota saat membagikan THR. Kemudian kulihat lagi wajah tante, om, nenek, semua melebur menjadi satu: BAHAGIA. Indah nian!

Tak seharusnya kita diusik oleh keegoisan.

Tak semestisnya kita berpura lupa akan kenangan.

Kenangan yang mengingatkan, kenangan pula yang menyadarkan bahwa kita pernah indah pada masa itu.

Dengan kesungguhan aku berdoa semoga di masa ini dan seterusnya kita meluruhkan EGO dan menciptakan lagi kenangan itu.

Aamiin.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s