Bagi Allah, Tidak Ada yang Kecil

Cara pandang Allah tidaklah sama dengan cara pandang kita. Bagaimana mungkin seorang pelacur -yang secara logika manusia, dosanya sudah tak terkira- dapat mendiami surga hanya karena memberi roti kepada seekor anjing. Bagaimana mungkin seorang pemuda sederhana yang amalannya tak sebanding dengan para sahabat bisa dijamin Rasulullah sebagai ahli surga, hanya karena dia mampu ikhlas memaafkan kesalahan orang lain.

Bagi Allah, tidak ada satupun amalan yang tak berguna. Bagi Allah, selama itu ditujukan murni untuk-Nya, maka tidak ada yang kecil.

Jadi, janganlah menyepelehkan amalan seseorang. Bagi kita, mungkin tak ada apa-apanya untuk seseorang yang menyingkirkan duri dari jalanan. Namun bagi Allah, bisa jadi itu amalan terbaiknya. Bagi kita, mungkin tak ada apa-apanya untuk seseorang yang menyedekahkan uangnya hanya seribu rupiah. Namun bagi Allah, bisa jadi itu adalah amalan yang menjamin dia ke surga. Tak ada yang tahu. Hanya Allah yang dapat masuk dan menelusuri niat dihati setiap hamba-Nya.

Kalau begitu, lakukanlah: menyelimuti ibu ketika ia tidur (memandang matanya sembari mendoakannya), memijat-mijat pundak ayah, melepaskan handphone dan mendengarkan dengan antusias cerita adik tentang teman-temannya di sekolah, membaluri perut ibu dengan minyak kayu putih ketika dia sakit perut, atau… mengambilkan nasi serta lauk-pauk untuk tukang yang sedang memperbaiki rumah, mengucapkan salam kepada satpam penjaga komplek perumahan, memberitahukan standar motor yang masih belum dinaikkan, mengucapkan terima kasih untuk mang angkot atau ojek yang sudah mengantarkan, membeli -walau kita tidak butuh- tisu kepada para penjual asongan, apapun itu, semua akan bernilai dimata Allah.

Ada lagi yang bisa memberikan contoh hal yang kita anggap sederhana namun mendahsyatkan? Silakan komen. Moga Allah merahmati kita semua. Aamiin…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s