Aku Ini Jelek?

Seorang kawan diseberang sana pesimis sekali akan nasib dirinya. Salah dia memang, selalu membandingkan diri dengan orang lain yang dinilainya lebih baik darinya. Padahal, membandingkan diri dengan yang lain itu bentuk dari ketidakefektifan dihidup ini. Tidak pernah akan ada habisnya! Itu kalimat yang paling pas untuk menggambarkannya.

Katanya, telah lama dia tak berdamai dengan cinta. Bukan karena pernah disakiti, melainkan tak percaya diri untuk mengungkapkan. Fisik! Terlalu klasik sekali alasannya. Dia masih terperangkap dalam pendefinisian cinta yang sempit. Kasiannya kau ini.

Kawan, percayalah, ada wanita cantik yang buta hatinya, yang menggambarkan cinta akan sempurna bila yang cantik bertemu dengan yang tampan. Namun dikemudian hari dia tersakiti, karena sang pujaan kini telah berpaling dengan dia yang lebih cantik. Ada pula yang langsing, yang tetap sempit pemikirannya, berpikir bahwa cinta akan sempurna bila si langsing bertemu dengan si atletis. Namun dikemudian hari si atletis ditinggal begitu saja. Ototnya telah terinjak-injak akibat opor ayam, sate kambing, dan rendang paska lebaran kemarin. Naas sekali!

Dari sana, akan banyak hati yang tersakiti. Dan dari sana, akan banyak jiwa yang sadar bahwa cinta memang apa adanya. Cinta yang baik adalah cinta yang berlandaskan keberkahan Tuhan. Itu saja. Bila niat kau baik, maka semua akan baik.

Jadi, hapuskan mindset “aku jelek” diotakmu!
Jadilah lelaki yang baik, karena wanita membutuhkannya.
Jadilah lelaki yang jujur, karena wanita membutuhkan ketulusan.
Jadilah lelaki yang lucu, karena wanita senang sekali tertawa.
Jadilah lelaki yang perhatian, karena wanita suka sekali diperhatikan.
Yang paling penting jadilah lelaki yang dekat dengan Tuhan. Karena wanita teramat sangat menginginkannya.

Pun nasihatnya sama untuk kau, kaum wanita. Dengan sedikit tambahan: lelaki itu suka sekali disanjung. Karena sanjungan dari orang tersayang, akan melesatkan enerjinya berpuluh-puluh kali lipat.

Mari kita sederhakan cinta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s