#ORMenjawab Agar Hati Tenang saat Mimpi telah Pupus

 

#ORMenjawab Pertanyaan #3 dari Ratna Wulandari:

Bagaimana membuat hati tenang setelah kita menerima sesuatu yang tidak kita harapkan?


Kawan, aku pun pernah dalam masa yang sangat terpuruk. Disaat itu bernafas seakan mati, berpijak seakan mengambang, dan melihat seakan buta. Buram dan kosong. Pada saat itulah Tuhan mengizinkanku untuk tertidur. Dialam tidurku kumendapati sebuah rumah kayu kosong yang tua sekali. Saking tuanya dengan tiupan nafasku saja, pintu rumah itu langsung roboh. Dan benar, baru niat untuk meniupnya saja, pintunya telah roboh, berdebam mengejutkanku. Lebih terkejut lagi ketika mata memandang bebas isi rumah usang itu. Dindingnya bercat putih bersih, perabotannya bersalut emas dan bertahtakan berlian yang berkilauan, dan disepanjang mataku memandang lantai, disepanjang itu pula permadani indah ala kerajaan menyelimutinya. Begitu lembut ketika aku menginjaknya. Menakjubkan sekali rumah ini, pikirku. Tak menyangka isi di dalamnya luarbiasa.

Aku terbangun. Tak sadar telah beberapa jam aku memasuki alam mimpi. Alam aneh yang mengajariku sesuatu. Bisa jadi ini cara Tuhan tuk memberi tahu tentang hikmah dibalik hancurnya mimpi besarku. Berpikir… mencoba mencerna hingga pada satu titik terang: Apa yang kau lihat seperti hancur itu, sesungguhnya tidak hancur bila Tuhanmu berkehendak.

Seperti itulah cara sederhana Tuhan mengajariku tentang sebuah hikmah.

Hikmah itu menarik sekali untuk dibahas, Kawan. Unik. Seseorang yang ketinggalan bus umum padahal dia telah menunggu lama, tak kan pernah tahu hikmahnya sampai ia menyadari bahwa ‘ketinggalan bus’ tersebut menyelamatkannya dari kecelakaan. Seseorang yang harus terbangun pada malam hari karena jerit bayinya, tak pernah tahu hikmahnya sampai menyadari bayinya itu kelak pembawa ia dalam kebahagiaan.

Jack Ma yang pernah ditolak hingga 30 kali lamaran kerjanya, tak kan pernah tahu hikmahnya sampai ia menyadari bahwa semua kepahitannya itu membentuk sebuah ide yang cemerlang. Jack Ma menjadi pengusaha sukses atas usahanya e-commerce Alibaba. Walt Disney yang dipecat karena dianggap tidak memiliki imajinasi dan ide yang bagus, sekarang menghasilkan milyaran dolar dari film, merchandise, dll; Harland David Sanders yang resep cita rasa ayamnya di tolak lebih dari 1000 restoran, sekarang ayam KFC dimana-mana. Ori Rabowo yang dulu pernah ditolak dikampus favoritnya, sekarang bisa menghasilkan karya, buah dari perjalannya bertemu si A, si B, si C, yang mengajarinya hidup yang berkualitas ketika ia menimba ilmu di kampus yang dipilihkan Allah. Hehehehe…

Resep agar hati tetap tenang setelah kita menerima sesuatu yang tidak kita harapkan itu sederhana, Kawan. Simak ini:

1. Tutup mata. Tak usah membandingkan dirimu dengan diri yang lain. Fokus saja membandingkan dirimu yang sekarang dengan dirimu dimasa lalu. Jika lebih buruk, maka lebih baikanlah. Jika telah lebih baik, maka pertahankanlah.

2.Berharaplah hanya pada Tuhanmu. Sandarkan semuanya pada Tuhanmu. Hanya dia yang mengerti mana yang baik dan mana yang buruk untukmu. Selama kau berharap pada manusia, maka selama itu kau akan kecewa.

3. Bersyukur. Kau tak pernah tahu hikmah baik apa dibalik pupusnya keinginanmu sebelum kau mensyukurinya.

Kawan, ayolah… Jangan sampai aku tak lagi menemukan keceriaanmu seperti yang kutemukan saat aku mengenalmu.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216)

“Dan kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah – buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang – orang yang sabar “ (Q.S Al baqarah : 155)

Advertisements

One thought on “#ORMenjawab Agar Hati Tenang saat Mimpi telah Pupus

  1. Terimakasih pengingatnya… kadang manusia seperti kita seakan lebih tahu padahal Allah lah yang maka tahu. Ketetapan Allah adalah yang terbaik bagi kita. Terasa berat memang pada awalnya tapi seiring berjalannya waktu kita akan mengerti bahwa Allah telah menyiapkan skenario terbaik buat kita (ummatNya).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s