#ORMenjawab Makna Pertemuan dan Perpisahan

#ORMenjawab Pertanyaan #2 dari Ananda Elly Marlina:
Bagaimana pendapatku tentang pertemuan dan perpisahan dengan seseorang, entah itu sahabat, keluarga, atau orang yang disayang lainnya?
 
Tahu tidak Kawan, bahwa tidak ada yang benar-benar berpisah dan tidak ada yang benar-benar bertemu? Saat kita menginginkan malam yang lebih panjang, matahari dengan egonya akan tetap muncul di keesokan hari. Saat kita menginginkan senja yang lebih panjang, bulan pun dengan egonya akan tetap muncul untuk memulai malam.
 
Coba perhatikan, apa kau benar-benar berpisah atau bertemu dengan sang malam?
 
Jawabannya sederhana: kita hanya menginjak momentum yang bernama ‘ke-se-men-ta-ra-an’. Kita tidak benar-benar bertemu, kita hanya menikmati waktu sejenak, kita tidak benar-benar berpisah, kita hanya tak bertemu sejenak. Iya, hanya sejenak.
 
Jika yang kau maksud bertemu itu dengan orang yang kau sayangi, maka manfaatkan waktu itu dengan sebaik-baiknya, karena hanya sejenak. Dan jangan takut dengan perpisahan, pun itu hanya sejenak.
 
Jika yang kau maksud bertemu itu dengan orang yang kau benci, hingga kau muak dengan pertemuan, hati-hati, lain waktu, Tuhan kan mengembalikan momentum itu. Akan tetap mengembalikan momentum itu selama kau belum merendahkan diri untuk berdamai dalam kebaikan.
 
Dan untuk Kawan-kawanku yang saat ini telah ditinggal orangtuanya, ingat saja tulisanku ini: kau hanya tak bertemu sejenak. Tetap doakan mereka. Karena memang hanya doa yang dapat menyampaikan rindu untuk orang-orang yang telah pergi, karena memang hanya doa yang dapat menyentuh saat orang-orang yang kita kasihi sudah berada dipelukannya Tuhan.
 
Tetap semangat untuk berjalan dan bermimpi. Tak usah takut dengan waktu yang egoisnya minta ampun. Tetap nikmati hari-hari ini dalam zikir, kebaikan, dan kesyukuran. Semoga Allah selalu mengantarkan pesan moral dibalik pertemuan atau perpisahan kita dengan seseorang.
 
Aamiin…
Advertisements

2 thoughts on “#ORMenjawab Makna Pertemuan dan Perpisahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s