Move On

Ada sekitar 2oo juta lebih penduduk di Indonesia ini. Bila satu orang mempunyai cerita cintanya, berarti akan ada 200 juta cerita cinta di Indonesia. Bila per menit satu orang menghasilkan cerita cinta, berarti satu jam akan ada 60 cerita cinta, dan sehari akan ada 1440 cerita cinta. Itu hanya untuk satu orang, bila dikalikan 200 juta orang berarti akan ada triliunan lebih cerita cinta setiap harinya.

Cinta itu memang mengindahkan, seseorang akan mabuk kepayang dibuatnya. Cinta itu masalah hati. Bila sedikit saja dia pergi, hati akan sepi, mungkin akan redup seperti ruangan yang tak kunjung diterangi. Baik itu mencintai sesama manusia, maupun mencintai Tuhan. Keduanya sama-sama akan mempengaruhi kualitas kehidupan. Seseorang yang tak bisa mencintai Tuhan, jalannya tak akan indah seperti seseorang yang telah mendapatkan cintanya Tuhan.

Banyak kudapati cerita cinta dari seseorang. Terkadang itu mengindahkan, terkadang juga itu memiluhkan. Bagi yang diindahkan oleh cinta, dia akan berbunga-bunga. Bagi yang diburukkan oleh cinta, dia sama halnya dengan sebuah pohon yang tak pernah tersentuh oleh air hujan. Padahal mau itu berbunga-bunga atau menyakitkan, keduanya akan sama-sama memperkeruh kehidupan bila cinta itu membuat diri jauh dari Sang Pemberi cinta.

Ada yang bercerita tentang kisah cintanya kepadaku. Tentang kasih yang dulu ditinggikannya kini telah menjadi milik yang lain. Ia berkeluh kesah bagaimana caranya lari dari dia yang menyakitkan hati.

Temanku, bersyukurlah Tuhan masih menyelamatkan hidupmu dengan cara putus cinta itu. Diluar sana masih banyak sekali seseorang yang belum sadar. Telah diberi nasihat yang baik,  ia tidak terima. Telah diberi contoh dari akibat cinta tak mulia itu, ia malah menyepelehkan.

Bersyukurlah juga bila kau termasuk orang yang tak mudah kelain hati. Bersyukurlah bila kau masih memikirkan perasaan seseorang yang dulu kau cinta tapi kini pergi kelain hati. Karena memang diluar sana banyak sekali pribadi yang dengan mudahnya kelain hati seperti tak memikirkan cinta yang dulu meninggikannya. Tapi bukan berarti ketidaktegaanmu itu malah menyengsarakan kehidupan. Masa iya kau memikirkan orang sedang ia sendiri tertawa bersama yang lain? Serendah itukah hargamu hingga kau mengecap dirimu tak ada artinya lagi selepas kepergiaanya?

Kau kemanakan makna dari asmaul husna Tuhan yang Maha Penyayang, Pengasih, Pemelihara, dan Pemberi kebahagiaan? Sudah hilangkah itu semua dari kehidupanmu?

Kau tak akan pernah bisa lari dari cinta itu kalau kau belum mengikhlaskannya dengan titik. Kau juga tak pernah bisa melupakannya kalau kau masih mencoba mencari jejaknya, masih mengingat tempat saat bersamanya, masih membaca tulisan yang membuat kau galau, masih menonton kisah cinta ditelevisi yang tak layak ditonton, dan masih tidak mau mendekati Tuhanmu yang menciptakan cinta untukmu.

Teman, dari kecil kita telah diajarkan tentang “paksaan”. Dulu kita dipaksa solat, dan lama-kelamaan kita akan terbiasa solat. Dulu kita dipaksa untuk bangun pagi, dan lama-kelamaan kita akan terbiasa bangun pagi. Seperti itulah harusnya kau melupakannya. Paksakan diri tuk tak mengingatnya lagi, tuk membiarkannya sebebas yang dia mau. Nanti juga lama-kelamaan kau akan terbiasa hidup tanpanya lagi.

Masih ada Al-Qur’an yang telah kau lupakan tuk dibaca, masih ada bunyi azan yang mengingatkan kau akan kebesaran Tuhan, masih ada masjid yang harus kau masuki agar dosa kau terhapus, masih ada teman-temanmu yang menanti kebahagiaanmu, masih ada ibu dan ayahmu yang harus kau muliakan, masih banyak mimpi-mimpi yang harus kau wujudkan, dan masih banyak lagi hal yang mesti kau lakukan.

Percayalah, kita harus disakiti dulu agar kuat, kita harus diajarkan dulu agar mengerti, kita harus dijatuhkan dulu agar tahu betapa indahnya bangkit. Move on lah. Move on dengan titik. Tanpa melihat dia lagi, tanpa penasaran akan aktivitasnya lagi. Nanti akan ada masanya kau diindahkan oleh cinta dari kasihmu. Nanti, saat  Tuhan telah mengizinkanmu…

Advertisements

11 thoughts on “Move On

  1. Oke ri, yg ini ngepas buat aku. Btw kalo pulang ke tanjung semoga bisa ketemu ya, biar aku bisa sharing lgsung ke kamu. Makasih mas ori 🙂

  2. Mungkin awalnya berat ya mas ori untuk Move on, tetapi apabila kita dipaksa dan bersungguh – sungguh kita pasti bisa.
    dan Move on yg paling baik ya kepada Allah 🙂
    Sampai ketemu di masjid ulil albab UII kembali 🙂

  3. Alhamdulillah msh pnya Allah Ɣªήğ mnjaga hti qt….
    Pelajaran bwt Ɣªήğ susah move on,
    Semoga lebih baik ƪǝƍȋ̊ ….
    Aamiin….
    Fighting ori…..
    Smga bukunya cpt terbit….
    🙂

  4. inspiratif bnget kak..yg lagi galau..mari move on, ayo move on, semangat move on 😀

    #smoga kita slalu dpat kecintaan Allah..aamiin..krena cintaNya abadi 🙂
    tetaplah buat pena mu menari indah kak,,dgn karya2 yg hebat..
    fighting!!

  5. keren 😀
    yg masih move on dgn koma,, setelah baca ini pasti bisa MOVE ON GENGAN TITIK..

    smoga kita bisa slalu mnjadi pribadi yg lebih baik dari sebelumnya..
    fighting kak..trus berkarya 🙂

  6. That’s why most people couldn’t be a better human being since they never realise how lucky you are if you want to try to release the old one and try to get another new one 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s