Sang Mantan

Ri, kenapa si putus itu selalu menyakitkan?

Kenapa si orang yang dulu berjanji akan setia, malah mengkhinati?

Kenapa juga kita harus dihadapkan dengan orang-orang yang menyakitkan hati? Apa maksud Tuhan dengan itu semua?

Tulisan ini aku khusukan untuk kalian yang baru saja putus. Yang dulu sangat senang dibangunkan oleh sang mantan tuk solat dikala azan berkumandang. Tuk kalian yang dulu merasa termotivasi karena sang mantan setiap pagi mengirimkan kata bijak laksana motivator handal dibidangnya. Tapi kini kau rasa dia telah mengkhinati, seperti lupa akan janji yang menyejukkan hati. Lebih sakit lagi bila ia mengatakan berpisah karena Allah, tapi malah pergi kelain hati. Sakit… sungguh sakit.

Sini, tenangkan hati yang kalut itu dengan menyebut nama Tuhan. Lalu resapi nasihat yang kutuliskan ini…

Kau tahu kan bahwa Tuhan kita yang Maha Cerdas itu adalah pengatur hidup terbaik di semesta ini? Bila kau mengangguk pertanda mengerti, kenapa itu tak kau jadikan modal tuk berpikir positifmu? Berpikir positiflah bahwa Tuhan tak akan menyelesaikan cerita dengan ending yang buruk bagi jiwa yang mulia sepertimu. Sungguh kau sedang dilatih menjadi aktor yang kuat, yang bisa melakoni peran dengan penampilan yang terbaik.

Sungguh Tuhan rasakan sakitmu itu. Dia tahu kepalamu memanas serasa akan pecah akibat menahan beban yang kau rasa itu adalah beban terberat disepanjang hidupmu. Lalu apa maksud Tuhan membuat alur cerita yang kau anggap itu menyakitkanmu? Percayalah Tuhan sedang mendidikmu tuk mengerti bahwa kekasih yang selama ini kau anggap baik, tak baik menurut Tuhanmu. Dari sana kau bisa mengambil pelajaran pendamping mana yang baik untukmu, untuk setia dalam cinta, bukan sekedar berjanji yang menyejukkan hati.

Bukan itu saja pelajarannya. Tuhan begitu rindu dengan air mata yang membasahi kelopakmu dikala malam-malamNya. Sudah lama Tuhan tak melihat nikmatnya kau berdoa, meminta segala yang kau butuhkan setelah kau bersujud pada-Nya. Dia rindu akan sanjunganmu untuk-Nya dikala satu dari beribu mimpimu diwujudkan oleh-Nya. Dia cemburu kau semangat solat setelah pesan singkat dari orang lain, bukan karena-Nya. Dia cemburu kau lebih menunggu pesan yang menyemangatimu dikala pagi, dari pada bersyukur seraya memuji akan nikmat hidup yang masih Dia beri.

SungguhΒ Dia selalu menunggumu kembali seperti kau yang dulu. Sungguh bila di list siapa di semesta ini yang paling setia, jawabannya adalah Allah. Dia selalu menunggu hamba yang dicintai-Nya kembali pada pelukannya, pada jalan yang baik. Dan bersyukurlah dari sekian banyak manusia, kau diharapkan tuk kembali pada-Nya, tuk benar-benar mencintai-Nya secara utuh.

Lalu bagaimana dengan sang mantan? Lupakanlah saja dia. Ikhlaskanlah saja dia. Kau tahu kan ada yang lebih mulia dari cinta? Ya benar, mengikhlaskan dia yang dulu kau cinta menuju hati sesukanya. Lalu ikrarkan dirimu hari ini sebagai pribadi yang tak akan pernah menyerah tuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ikrarkanlah dirimu sebagai pribadi yang percaya akan hukum Tuhan bahwa jiwa yang baik akan disandingkan dengan jiwa yang juga baik.

Katakanlah: Hai sang mantan. Hari ini benar kau menyakitiku. Tapi esok aku tak akan meneteskan airmata untukmu lagi. Kini aku telah mendapatkan cinta yang dulu sempat hilang dari sanubari. Adalah cinta dari Sang Maha cinta. Dan itu tak pernah hilang dari diriku. Terima kasih atas pelajaran yang membuat mataku terbuka bahwa kau bukanlah pendamping yang baik untukku. Dan terima kasih Tuhan telah menungguku dengan setia. Izinkanlah aku selalu denganmu, Tuhan. Hingga nanti Kau mengizinkanku tuk dimiliki oleh orang lain, lalu kami berdua menyatukan cinta yang juga tertuju untuk-Mu.

(@orirabowo)

Advertisements

13 thoughts on “Sang Mantan

      1. makasih mas Orirabowo. Btw, setiap kali mas Ori buat postingan baru selalu aku share di fb dan twiter ku lho… But, aku selalu menantikan tulisan tentang kisah pertolongan Allah dan keajaiban dari Allah. Seperti kisah LULUS KARENA SHOLAWAT, Kisah dapat beasiswa dari Masjid. Nah tulisan kaya gini yang selalu aku nanti..

        Sebenarnya, aku juga punya banyak kisah keajaiban sholawat, tahajud, dan sedekah. Cuma belum sempat nulis aja he..he.. Setidaknya dengan berbagi kisah atau mendengar cerita ttg keajaiban dari Allah, iman kita bisa meningkat.. he..he.. πŸ™‚

      2. waaa makasi ya masbro.
        Insyallah bakal ada lagi tulisan yg berbau sholawat dll, doakan saja ya..
        Ayolah ditulis, biar menginspirasi banyak orang πŸ™‚

  1. Sangat menginspirasi mas Ori, mungkin saya salah satu orang yang sama dengan mas muchlis. Setiap muncul tulisan dari mas Ori, saya selalu share di Fb ataupun twitter, namun bedanya saya menggunakan bahasa saya sendiri, namun berintikan sama.. hehe Terimakasih mas.

  2. MasyaAllah keren banget mas, inspiring πŸ™‚
    pengalamannya hampir sama, perjuangan kuliah nya juga.. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s