Perbincangan Tentang Cinta

Siang itu aku duduk santai disebuah titik dikampus tercinta. Tanpa ada janji sebelumnya, tiba-tiba ada seorang wanita menghampiriku dengan wajah penuh tanya. Terjadilah sebuah perbincangan yang kurangkum garis besarnya pada tulisan kali ini.

Kak ori kan ya? | iya, kok tau? | hehehe, aku salah satu penggemar tulisanmu kak | subhanallah makasi ya…

“Kak, diantara banyak tulisanmu, yang paling kusuka itu tentang pacaran. Banyak yang ingin aku tanyain sama kakak perihal pacaran”. Tanyalah, sambungku…

“Aku punya cowok, dia baik, rajin solat, suka ngajak solat, ingetin solat dan kebaikan, gimana menurut kakak soal itu?”.

>> Rajin solat dan ngajak solatnya si bagus, tapi pacarannya nggak.

“Kok singkat si kak jawabnya???”.

>> kamu tahu dulu setan itu makhluk yang paling rajin daripada manusia?. Dia rela beribadah sebanyak-banyaknya ibadah kepada Allah. Dan Allah sangat sayang dan memberikan banyak kenikmatan kepada mereka.

>> Kamu pasti tahu mereka tiba-tiba dibenci oleh Allah bahkan dibuang dari surga saat mereka tidak mengiyakan perintah Allah tuk bersujud pada manusia. Coba bayangkan betapa bencinya mereka pada manusia itu sampai-sampai bersumpah akan menjerumuskan kita dari belakang dan depan, atas dan bawah, kanan dan kiri.

“Hubungannya kak???”

>> Banyak cara setan untuk menjerumuskan kita. Termasuk pikiran tentang pacaran. Kamu mendeskripsikan banyak kepositifan tentang pacaran. Padahal andai kamu tahu, kamu telah dihasut oleh setan. Pikiranmu telah dibolak-balikkan oleh setan.

*bengong*, Astagfirulllah…

“tapi kak bukannya kita harus bersilahturahim dengan manusia?”.

>> Na termasuk urusan pendeskripsian bersilahturahim, itu pun setan yang mengartikan. Silahturahim itu banyak cara. Tidak harus dengan pacaran.

“Tapi orangtuaku kenal baik dengan dia kak, begitu juga  orangtuanya ke aku”.

>> Orangtua mengizinkan kalian pacaran karna mereka tahunya kalian pada kondisi yang positif. Padahal tidak mungkin. Ya balik lagi kepenjelasan tentang cara setan itu. Awalnya si manis, tapi lama kelamaan berbuah dosa.

“Kalau kami saling mendoakan kebaikan, gimana?. Kan bagus tu saling mendoakan sesama muslim?”.

>> Kamu tau doa kamu itu langsung ditolak mentah-mentah oleh Allah?

“Kok bisa?”.

>> Ya karena kalian berdoa pada saat kalian dalam keadaan berdosa. Orang mana yang akan dikabulkan doanya, sedang dia dalam keadaan berdosa???.

*istigfar*. “Jadi baiknya itu gimana kak???”

>> Putuskan aja. Sabar. Minta ma Allah untuk dijaga hatinya. Minta ma Allah untuk dijodohkan dengannya.

“Tapi kan kakak tahu kalau cewek itu main pakai perasaan, bukan logika”.

>> Seberapa penting si perasaanmu sekarang, daripada penyesalan kamu nantinya?. Kamu da tau ilmunya, da tau lebih banyak negatifnya, kenapa kamu masih dalam lingkaran itu?

“Iya kak, paham. Insyallah secepatnya aku ikuti saran kakak ini”. Makasi kak ya…

Teman, itulah sepenggal perbincangan soal cinta. Godaan setan itu sudah mutlak adanya. Bukan, bukan karena kita takut dengannya. Justru dengan tidak mengiyakan pacaran, kita telah berani melawannya. Semoga Allah akan selalu melindungi diri kita dari upaya setan yang menjerumuskan kita. aamiin…

Untuk bersilahturahim dengan saya: Follow saya di twitter @orirabowo 🙂

Advertisements

40 thoughts on “Perbincangan Tentang Cinta

  1. Aq kayak habis di tampar pas bca tulisan inih ri,, yg di ungkapkn oleh si wanita di tulisan itu sma seperti pemikiran ku yg dlu,, saat ad ssorng lelaki yg rajin shalat ny, ke pengajian k arah kebaikan tp dy ttp mengiyakan pcran,, dan akhrnya sekrng aq tak bersma dgn dy,, mgkn Allah syg kpda ku spya aq gak nambah dosa dlam mengiyakan pcrn jd skrng jomblo hheee.. Lanjutkan trus ri tulisan ny 🙂

    1. Naa… da tau ilmunya, sama halnya manusia yg rugi dan sangat berdosa bila tau ilmunya tp tidak dilakukannya. Yang nyruh kamu baca ini pun Allah, ya itulah cara kerja Tuhan kita yang Maha baik itu.
      Semoga bermanfaat ya tulisannya, Yanti 🙂

  2. Subhanallah, tidak perlu takut diejek in teman karna ga punya pacar ya kak? Justru malah berbangga hati..hehe
    Alhamdulillah

  3. Lapor…baru baca sekarang hihi….
    Terimakasih…!!!
    Ya itulah setan terus mengganggu bisa bermula dari kanan,,tdk berhasil lanjut ke kiri tdk berhasl lanjut ke bawah terus dari depan tdk berhasil pasti dr belakang,,,tapi setan ga kan berani ganggu kita dari atas (pernah dengar di acara tausiah,,lupa lagi acara apa) jd teruslah berjuang sekuat apapun setan menggoda masih ada ruang untuk kita bertahan dr godaannya….semangat!!!!

  4. Aamiin,,,semoga kita semua tetap istiqomah
    Dan saat Allah mengizinkan rasa itu tiba semoga rasa itu tercurah untuk org yg tepat menurutNya ˆ⌣ˆ

    #jumatmubarak
    #timetoreadalkahfi 🙂

  5. subhanallah ka ori.. saya jadi semakin KUAT untuk tidak meng-IYAkan pacaran. semua tulisan ka ori luar biasa memotivasi banget.(y)

  6. don’t wanna leave any comment, but it’s great. anything that you wrote above is a truth. can’t wait to your books 🙂

    1. Masyallah… thanks very much Astri. A truth come from Allah, i just as mediator to make a truth. Insyaallah, one day you’ll find a book with my name as the author. Wish me as always ya… and hopefully you obtain many benefit from my blog 🙂

  7. Subhanallah… dari tulisan ori ini semakin menguatkan ku untuk tidak berpacaran. Alhamdulillah sampai saat ini masih berusaha tetap menjaga hatiku, walaupun teman2 sering menyindirku “udah kuliah masih aja jomblo bla bla bla” 😀
    Sementara kutitipkan hati ini kepada Allah, sampai tiba saat yg tepat kuberikan kepada pria yg tepat yg dipilihkan Allah untukku 🙂

    1. Bersyukurlah saat punya hati yang masih mau menerima nasihat dan ilmu, tandanya hati kita belum mati. Ga usah hiraukan teman2mu, doakan mereka agar mereka sadar kayak kamu. Semoga bermanfaat yaa.. 🙂

  8. Bahasanya lugas,jelas, ya allah………alhamdulillah dapat lagi ilmunya..kalo begitu istilah “pacaran islami” gak ada kan sebetulnya? Terimakasih pencerahanya.di tunggu ya tulisan berikutnya.

    1. Ga akan pernah ada namanya pacaran islami… Percayalah…
      Alhamdulillah, Allah lah yg menggerakkan hati hamba2-Nya, termasuk ngebaca tulisan ini.
      Semoga selalu istiqamah, kuat, dan dilindungi Allah ya. Aamiin 😉

  9. bener banged oriiii…. kata melly goeslow… biar aku sepi .. aku hampa aku basi ..asal ALLAH sayang aku,, 🙂
    yah sekarang bnyk bgd alasan pacaran islami,,lah
    kalo g pacaran g keren… katanya beli kucing dalam karung lah,,
    g nagaruh deh
    yuk sama2 kita niatin dlm hati
    say no to pacaran before mariage,, 🙂
    emg godaan banyak ya ri, tp, kalo kita punya keyakinan dan berusaha untuk taat sama ALLAH setan g akan bisa goda kita,,insyaALLAH aamiin 🙂
    ada satu kalimat yang buat saya tertegun dari teman fb dalam menemukan pasangan hidup

    Yakin jodoh pasti ada, nggak fokus sama siapa dia, tapi fokus perbaikan diri dan menjalani proses menuju gerbang pernikahan yang baik.

    yup kata2 itu membuat aq sadar untuk saya yg sering sekali hanya fokus terhadap siapa dia (jodoh) saya…
    namun sekarang yg harus dilakukan memang hanya perbaikan diri dan memantaskan diri dan serahkan semua sama ALLAH,,itu aja deh intinya,,

    yups… keren tulisan ori,, lanjutkan ya ri…:)
    wassalam 🙂

  10. Subhanallah….. Perbincangan Tentang Cinta 😀

    betul banget tuh kata kak Ori. ga ada yang namanya pacaran islami. Rasulullah saja tidak mengajarkannya kepada umat , nah dari situ kita harus tahu bahwa tidak ada pacaran dalam islam. kalau ada dalilnya/apa ke,aneh banget tuh,dari mana asalnya hih. aku sebel deh dgn orang yang pacaran disekolah dikelas adaaaaaa aja.

    semangat kak !!
    Semoga dapat menggugah jiwa pemuda dimasa depan !! 🙂

  11. kenapa ya tiap ngobrol bareng temen2 seringan yg dicurhatin masalah cowo/pacaran. ujung2nya ditanyain “kalo kamu udah berapa kali pacaran? sama siapa aja? blablablabla…”
    waktu dijawab belum pernah pacaran sama sekali (kadang bangga kadang malu disangka ga laku) g ada yg percaya. Se-langka itukah mas muslim/muslimah yg ga meng-iya kan pacaran?

    oh ya gmn caranya ya mas, menolak ajakan pacaran tanpa melukai perasaan? karna dikalangan remaja sekarang menolak dengan alasan agama itu seperti tidak dapat dipercaya. karna yg muslim bahkan yg berjilbab pun juga banyak yg pacaran jadi alasan ini sering dianggap sbg alibi saja

    1. Orang yg melakukan perubahan besar untuk hidupnya itu sangatlah langkah. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa perubahan dalam hal kecil itu bisa berdampak besar bagi hidupnya. Termasuk tidak mengiyakan pacaran.

      Kenapa kita mesti takut membawa agama sebagai alasan untuk tidak pacaran? agama kita benar.. Tidak ada yg salah satupun dari agama islam.

      Yang menentukan arah hidupmu itu ya kamu, bukan orang lain. Termasuk yg menentukan orangtua kita masuk surga atau neraka. ya kita juga. Ga usah terlalu dipikirin dee lingkungan sekitar yg masih menganggap pcaran itu hal yg biasa. Tidak ada satupun manfaat pacaran, coba baca di “Demi Orangtuamu” di blog ini.

      Benar memang, banyak wanita yg berjilbab tetap iyakan pacaran. Kebanyakan dari semua orang baik yg berjilbab maupun tidak sebenarnya sdh menyadari bahwa tidak ada satupun manfaat dari pacaran, mereka tetap menutup telinga,seolah tidak peduli nasihat. Yg bisa kita lakukan cuma merubah diri kita terlebih dahulu, dan percaya lah perubahan itu akan berdampak besar untuk orang disekitar kita.

      Doakan mereka,, percaya saja ma Allah… Allah yg mengadili saat nasihat tak lagi didengar.

      Semoga bermanfaat jawabannya 🙂

      1. ya, sudah baca yg “demi orangtuamu” one of my reasons buat tetep jaga kehormatan diri dan kehormatan orang tua. semoga tetap istiqomah sampai datang waktu yg tepat & orang yg tepat 🙂

        smoga tambah banyak yg baca blognya & tambah banyak yg dapat manfaatnya, keep share mas ori..

  12. Thanks ya Allah ada mahluk yg buat remaja islam semakin terbuka pikiranNya yg mana tentunya hanyan Engkau yg dapat membolak balikan Qolbu umatNya. Smg ada lagi Orirabowo yg lainnya aminnnnnnnnnn,semangat mas

  13. kak tulisanya bagus bangetttt…. aku pngn curhat sekaligus pngen minta saran dari kakak, banyak banget pertanyaan – pertanyaan yang terlontar dalam benakku tentang masalah” seperti di atas….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s