Tahun Baru Syariah

Banyak cerita umum yang terjadi ditahun ini. Termasuk cerita akan adanya kiamat, tapi setelah kutunggu hingga detik ini, cuma bunyi terompet para pedagang terompet dijalanan-lah yang terdengar, bukan terompetnya malaikat Israfil.

Disepanjang jalan Yogyakarta ini mataku menyoroti banyak pedagang terompet yang sibuk menjajahkan aneka produk sebagai rejekinya. Pernah hati ini tiba-tiba bergumam, kalau malaikat bisa menjelma menjadi siapapun, bisa jadi dia akan menjelma menjadi pedagang itu, dan meniup terompet.

Dan aku menghayal, nanti, saat hari H tahun baru, akan sering didengar bunyi terompet yang mengangkasa. Secara ilmu statistik, probabilitas penjelmaan malaikat Israfil akan semakin tinggi. Kesimpulannya, bisa jadi dari semua terompet, ada satu terompet refleksi dari sangkakalanya Israfil, dan lagi-lagi, matilah kita.

Bolehlah kita merayakan tahun baru sebagai refleksi kepuasan dapat melewati kurang lebih 360 hari ditahun 2012 ini. Tapi mulailah ubah cara berpikir bagaimana agar tahun yang baru bernilai ibadah dimata Allah.

Yang pertama jangan sesekali mengundang setan dan teman-temannya dalam hari H tahun baru itu. Contoh undangannya seperti kekasih yang tidak halal, minuman yang katanya keras tapi tetap berwujud cairan, atau apapun itu, intinya apapun yang bernilai negatif ya itu undangan untuk setan dan teman-temannya.

Saat detik tepat mengarah pada pukul 00.00 kita bersyukur dulu atas apa yang sudah Allah kasih disepanjang tahun 2012.Β Tetap dimulai dengan bismillah sebelum meniup terompet, siapa tahu itu sangkakalanya Israfil, hehe.. Niatkan tidur beberapa menit agar bisa bermunajat dalam tahajud dihari pertama tahun yang baru itu.

Dan katakan pada-Nya, Allah meskipun untuk malam ini aku terlihat bersuka cita, sungguh hati ini berkeluh kesah. Aku takut, aku tidak bisa menjadi lebih baik dari tahun yang lalu. Sungguh sangat banyak dosa yang kulakukan pada tahun yang lalu, hentikan jika Engkau merencanakan eksekusi azab-Mu pada tahun ini, hentikan azabMu yang tidak akan pernah bisa kuhadapi itu.

Lihatlah aku sekarang Tuhan, saat yang lain sibuk dengan dunianya, aku masih saja mengingat adanya diri-Mu. Besarkan aku, sukseskan aku, penuhi seluruh pintaku yang belum terwujud ditahun yang lalu ditahun ini. Sungguh aku hanya bersandar pada-Mu.

Teman… Awali awal tahun dengan nama-Nya, maka Dia akan menemani disepanjang tahunmu. Awali awal tahun dengan menangis pada-Nya, maka Dia akan membuat tawa disepanjang tahunmu. Awali awal tahun dengan bersyukur pada-Nya, maka Dia akan mencukupkan kebutuhan disepanjang tahunmu. Subhanallah…

To know more:Β Lets follow me on twitter: @orirabowo

Advertisements

15 thoughts on “Tahun Baru Syariah

  1. Assalamualaikum kakak, we meet again ya haha. Makna postnya ga dalem-dalem banget sih kak yg kali ini (di gorok) , tapi kk berhasil membuat orang melihat sudut pandang tahun baru yang lain. Tahun baru yang identik sama “menyenangkan plus nambah dosa” ternyata tetap bisa menjadi tahun baru yang islamiah tanpa mengurangi euforianya sendiri. Over all , it’s good (: . Sukses ka buat penyebaran syariah islamnya, sorry kepanjangan ngomen , dan hati hati ketiup sangkalanya israfil haha.

    1. Walaikumsalam… Alhamdulillah… iya itu lah islam mudah asal masih terjaga keimanan kpd Sang Pemberi.
      Makasi ya Dwi.. selamat Tahun Baru ya.. hati-hati juga disekelilingnya, bisa jadi itu malaikat Israfil, nah loooh?? hehe

      1. Hahaha keren2. . Yg penting udah bsa menyampaikan hal yg bermanfaat ri. Kalo sukses jgn lupa calling2! Wkwk :p

  2. Awali awal tahun dengan nama-Nya, maka Dia akan menemani disepanjang tahunmu. Awali awal tahun dengan menangis pada-Nya, maka Dia akan membuat tawa disepanjang tahunmu. Awali awal tahun dengan bersyukur pada-Nya, maka Dia akan mencukupkan kebutuhan disepanjang tahunmu. Subhanallah…

    kalimatnya yang ini bagus juga .. sedikit puitis ..
    dan pemilihan katanya juga ga asal tapi juga bisa dipahami ..
    terimakasih πŸ™‚

      1. oh iya . aku juga pernah menshare tulisan mas bowo yang aku kutip di atas tapi aku belum ijin . maaf ya . tapi aku juga mencantumkan nama mas bowo kok di bawah kutipan . sekali lagi maaf . terimakasih πŸ˜€

  3. Sedikit not interested bo sama yang ini kurang greget hehe tapi tujuan mulianya so great one πŸ™‚ lanjuuuut hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s