Untuk yang Gagal Berhaji

Berita pagi ini memperlihatkan amarah orang-orang yang berhaji namun tak jadi. Diantara penyebabnya adalah adanya kesalahpahaman antara pihak travel dengan yang bersangkutan. Si travel mengiyakan diawalnya dan tak berujung indah pada akhirnya, pihak yang berhaji pun tidak jadi berhaji.

Sebenernya orang-orang seperti itu bisa dipastikan berangkat berhaji asal mau ngantri dipihak Depag. Namun ketidakmauan dan didukung dengan keuangan yang membeludak jamaah banyak menempuh jalur non kuota sebagai upaya menghantarkan hasrat berhaji yang sering disebut haji romli ( rombongan liar ).

Jamaah haji ini tidak terdata di Depag namun bisa berangkat kapanpun karena mengandalkan visa dari kedubes Saudi, padahal  sebenarnya mereka mesti antri bertahun-tahun bila pakai jalur resmi Depag.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari upaya mereka, hanya saja tidak patut dicontoh didepan layar TV mereka memaki, menyumpahi, dan berkata kasar yang ditujukan kepada pihak yang membantalkan haji mereka.

Tampaknya harus ada pembekalan akidah modern yang harus dilakukan calon jemaah haji sebelum mereka mendaftar lalu berangkat. Apa itu akidah modern?

Adalah akidah yang benar-benar mempercayai adanya peran Allah dalam hidup dan kehidupan ini. Dulu kita belajar di SD bahwa rukun islam berhaji itu hanyalah untuk yang mampu, yang kebanyakan anak-anak SD memaknai mampu itu ditandai ada uang atau tidak.

Padahal seandainya anak SD telah sedari dulu diajarkan akidah modern itu, pasti mereka menyimpulkan bisa haji atau tidak ya karna Allah. Berhasil atau gagal haji pun karena Allah.

Termasuk mereka-mereka yang kupaparkan diatas. Telah banyak bukti yang miskin bisa berhaji, yang kaya pun ada yang susahnya minta ampun tuk berhaji. Tanah mekah ataupun dibumi ini ada pemiliknya, adalah Dia, Tuhan kita, Allah swt. Jadi alangkah indahnya bila mereka bisa menyimpulkan Allah belum mengizinkan mereka ketanah suci-Nya, bukan karena hal yang mereka perkarakan tadi.

Semoga bermanfaat.
me on twitter: @orirabowo

Advertisements

One thought on “Untuk yang Gagal Berhaji

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s